3 Cara Simple Memperbaiki touchpad Laptop Asus

Touchpad ialah papan sentuh pada laptop yang mempunyai kesamaan fungsi semacam mouse untuk melaksanakan kursor. Terdapatnya touchpad ini pastinya mempunyai banyak sekali khasiat yang diberikan  salah satu di antara lain ialah memudahkan pengoperasian laptop tanpa memakai mouse eksternal. Ini juga hendak membuat Kamu lebih gampang mengerjakan sesuatu dalam kondisi apa pun. Mengingat Kamu tidak butuh memikirkan alas semacam memakai mouse supaya dapat digunakan.

Dalam keadaan tertentu touchpad ini pula dapat hadapi hambatan error. Nyatanya ini hendak jadi sesuatu perihal yang sangat menyebalkan untuk Kamu kala mengerjakan tugas, terlebih Kamu tidak mempunyai mouse eksternal yang dapat jadi opsi alternatif disaat touchpad tidak berperan. Postingan ini mungkin saja dapat menolong Kamu dalam menanggulangi kasus pada Touchpad yang tidak berperan dengan kilat serta gampang. Ikuti ulasannya berikut ini!

Pemicu Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Terdapat banyak sekali aspek yang menimbulkan touchpad laptop jadi tidak berperan dengan baik. Hambatan ini kerap kali terjalin kala salah satu komponennya bermasalah, entah bisa jadi kabel touchpad lepas ataupun umur gunakan yang terlampau lama. Tetapi tidak seluruh pengguna laptop hadapi perihal seragam, bisa jadi saja ini disebabkan oleh driver ataupun aspek internal yang lain.

  1. File sistem bermasalah– Bila sistem pada fitur Kamu lagi hadapi hambatan error, hingga tidak mengherankan bila sebagian komponen di dalamnya pula turut terserang akibatnya. Alasannya sistem pula mempengaruhi pada kinerja program dan layanannya. Ini umumnya terjalin kala pembaruan tidak terinstall dengan benar.
  2. Touchpad ter- disable– Bisa jadi saja bila kasus touchpad yang tidak berperan ini diakibatkan oleh penggunanya. Sebab tidak tidak sering pengguna laptop kerap kali mematikan touchpad buat keperluan tertentu.
  3. Kabel touchpad tidak terpasang dengan benar– Keadaan yang aku natural kala touchpad tidak berperan ini ditimbulkan sebab kabel tidak terpasang dengan benar pada motherboard. Buat memastikannya, Kamu wajib memecahkan laptop terlebih dulu.
  4. Lamanya masa gunakan– Bila Kamu sudah memakai touchpad lebih dari 4 tahun, hingga terdapat mungkin Touchpad hadapi kandas guna, semacam kursor bergerak sendiri ataupun hadapi double- click.
  5. Tablet fashion aktif– Aktifnya fashion tablet ini hendak memunculkan sebagian pergantian pada tampilan laptop yang tidak Kamu sadari; mulai dari tampilan jadi full screen, tidak terdapat ikon pada Taskbar, sampai tergantinya guna touchpad/ mouse dengan layar sentuh.
  6. Driver tidak ter- update– Driver yang usang/ rusak pula dapat jadi faktor kinerja touchpad kurang maksimal. Hingga dari itu, dianjurkan buat re- install driver yang lebih baru buat memperbaikinya.

Metode Menanggulangi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Terdapat sebagian aspek yang dapat menimbulkan touchpad pada laptop ini tidak berperan. Mulai dari touchpad yang terkunci, touchpad tidak diaktifkan, driver yang belum terpasang, ataupun pula komponen touchpad yang rusak. Ada pula metode menanggulangi touchpad laptop yang tidak berperan tersebut, antara lain:

1. Menekan Campuran Tombol di Keyboard

Metode yang awal buat mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi ialah dengan memencet kombinasi tombol pada keyboard. Kamu cari tombol antara F1 sampai F2 yang ada simbol touchpad. Bila telah ketemu, Kamu tekan saja pada tombol tersebut ataupun dapat pula dengan menekannya bertepatan dengan tombol fn.

Misalnya saja tombol yang ada simbol touchpad terdapat di F6, hingga Kamu tekan saja campuran tombol Fn+ F6. Touchpad yang tidak berperan dapat sebab Kamu menguncinya. Jadi, buat membukanya kembali dapat memakai campuran tombol semacam ini.

2. Mengaktifkan Touchpad

Mungkin pula touchpad yang tidak berperan disebabkan Kamu belum mengaktifkan fitur touchpad tersebut. Buat mengaktifkannya dapat dibilang lumayan gampang, ialah:

Awal Kamu klik tombol Start Menu yang terdapat di pojok kiri dasar, setelah itu seleksi Settings.

Setelah itu Kamu masuk ke menu Device.

Kemudian klik pada opsi Mouse and Touchpad.

Berikutnya Kamu klik pada opsi Additional Mouse Options, nanti hendak timbul jendela baru di layar.

Pada jendela tersebut Kamu klik pada opsi Device Options. Di situ Kamu hendak mengenali apakah touchpad telah aktif ataupun belum. Bila memanglah belum, hingga Kamu dapat mengaktifkannya.

3. Pembaharuan serta Uninstall Driver Touchpad Laptop

Biasanya driver touchpad pada laptop dapat terpasang secara otomatis. Pada keadaan tertentu driver touchpad yang terpasang ini terkadang hadapi error sehingga mengusik guna dari touchpad. Bila memanglah touchpad bermasalah, Kamu dapat melaksanakan uninstall pada drivernya tersebut.

  1. Awal Kamu klik tombol Start Menu.
  2. Setelah itu klik kanan pada menu Computer, serta klik pada opsi Manage.
  3. Pada jendela baru yang timbul di layar, Kamu klik pada opsi Device Manager yang terdapat di sisi kiri tampilan.
  4. Berikutnya klik icon segitiga yang terdapat di sebelah kiri opsi Mice and other pointing device.
  5. Setelah itu klik kanan pada opsi Microsoft PS/ 2 Mouse, kemudian klik Uninstall.
  6. Sehabis itu, Kamu jalani restart laptop.

ahirkata

Tidak hanya uninstall, Terdapat pula dapat melaksanakan pembaharuan driver touchpad di laptop. Metode melaksanakannya, ialah:

Kamu jalani metode yang sama dari nomor. 1 sampai nomor. 4 pada langkah- langkah di atas.

Berikutnya Kamu klik kanan pada opsi Microsoft PS/ 2 Mouse, kemudian seleksi opsi Pembaharuan Driver Aplikasi.

Setelah itu seleksi opsi Search Automatically for Pembaharuan Driver Aplikasi.

Tunggu sebagian hingga prosesnya berakhir.