7 Cara Mengatasi Tombol Power Laptop Rusak

Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting atau baru saja membuka laptop Anda dan memperhatikan bahwa tombol daya macet. Saya tidak tahu apa yang terjadi atau apa masalah besar di baliknya …

Saya menekan tombol power, tetapi sepertinya tenggelam di bawah bingkai atau tombol power macet di posisi “on” dan tidak bisa dimatikan.

Ada banyak kemungkinan alasan untuk masalah ini, tetapi kami menyarankan Anda untuk segera memperbaikinya. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil atau sarankan untuk memperbaiki tombol power pada laptop Anda.

Perbaiki / ganti tombol daya

Jika tombol daya rusak atau macet saat Anda mengoperasikan atau membuka laptop dan tidak merespons klik apa pun, Anda disarankan untuk memasang tombol daya baru. Ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membantu Anda mengganti tombol daya bertumpuk –

Penting – Setelah melepas semua bagian dari laptop Anda, bersihkan semua kotoran yang menumpuk agar laptop Anda berjalan dengan lancar dan tanpa masalah.

1 – Lepaskan baterai, adaptor AC, dan panel belakang. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti instruksi sebelum membuka laptop.

2 – Lepaskan hard drive dan RAM. Setelah melepas panel belakang, Anda dapat mengendurkan hard drive dan melepaskannya dari laptop Anda. RAM dipegang oleh tuas, didorong ke bawah dan digeser.

3 – Lepaskan bezel keyboard. Secara internal, tombol power terhubung ke motherboard untuk visualisasi dan modifikasi. “Bezel keyboard” adalah bingkai yang digunakan untuk memberikan keamanan pada keyboard.

4 – Penghapusan Keyboard: Setelah melepas keyboard, ada ruang antara bingkai atas dan keyboard, dan Anda dapat melihat kabel pita yang menghubungkan keyboard ke motherboard. Anda harus dengan hati-hati melepaskan kabel pita yang terhubung ke motherboard sebelum mengangkat keyboard dari laptop Anda.

5 – Temukan tombol daya: Sekarang Anda dapat melihat bingkai atas laptop Anda. Beberapa sekrup menahan rangka atas sehingga Anda dapat melepas atau mengendurkan sekrup untuk mengangkat rangka atas. Tombol daya berada di bawah bingkai atas dan kabel yang terhubung ke motherboard melaluinya.

6 – Buang tombol daya yang gagal dan pasang yang baru. Anda perlu menekan tombol daya, yang mengirimkan sinyal ke motherboard melalui kabel, untuk menghilangkan aliran listrik. Dengan cara ini, Anda dapat menghapus tombol daya yang ditumpuk dan memasang tombol baru di tempatnya.

7 – Pasang kembali laptop Anda. Setelah memasang tombol daya baru, lakukan tes yang memuaskan. Kemudian pasang kembali dan tes ulang laptop Anda. Ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari masalah lebih lanjut. Anda bisa mendapatkan bantuan dari manual atau video yang menjelaskan cara membuka dan memasang kembali laptop Anda.
Banyak alasan lain mengapa tombol daya berhenti bekerja juga penting

Selain itu, untuk memasang tombol daya baru, Anda harus menemukan masalah sebenarnya terlebih dahulu. Mungkin kotor, serat, makanan, dll. Solusi lain adalah dengan menggunakan sekaleng udara bertekanan untuk meniup benda asing yang menyebabkan masalah.

Anda juga dapat menggunakan pembersih kontak untuk meniup jahitan di sekitar kepala kancing dan menggunakan udara kalengan untuk mengeringkan. Geser perlahan tombol dengan ujung obeng di antara hembusan udara untuk mengembalikan tombol daya.

Banyak orang menggunakan manual laptop untuk referensi dan panduan lebih lanjut. Anda mungkin selalu lebih suka bantuan ahli terdekat karena itu pasti dapat mempengaruhi pekerjaan penting Anda.
Masalah pengisian daya atau baterai

Analisis baterai dengan cermat. Itu semua tergantung pada apakah baterai dapat dilepas. Jika dapat dilepas, ikuti langkah-langkah ini:

Lepaskan baterai dari laptop.
Perangkat mungkin memiliki sisa daya. Tekan dan tahan tombol daya hingga 15 detik untuk menguras.
Dengan port baterai kosong, sambungkan kabel daya dan hidupkan laptop Anda.

Semua laptop memiliki fitur dan konektivitasnya masing-masing, jadi kami menyarankan Anda mengunjungi Pusat Bantuan atau Area Dukungan untuk masalah ini. Juga, masalah yang sama dapat terjadi bahkan setelah mengganti tombol daya, dll., jadi selalu periksa apakah itu beroperasi. Terakhir, aspek terpenting dari laptop adalah selalu mengisi dayanya setiap saat, termasuk masa pakai baterai.

Setelah memasang kembali bagian atau merakit laptop Anda, periksa baterai secara menyeluruh untuk memastikannya berfungsi.
Catatan / perawatan pribadi

Menjaga laptop Anda bersih dan jauh dari debu dan kotoran. Pada awalnya, ini mungkin rutinitas perawatan yang tidak perlu, tetapi hal-hal ini dapat menumpuk, menyebabkan tombol daya macet atau menyebabkan masalah besar.

Hindari makanan dan suplemen cair di dekat laptop Anda. Periksa masa pakai baterai laptop Anda, pengisi daya, dan poin penting lainnya secara teratur.

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap laptop memiliki pusat dukungan dan manual dengan instruksi.

bahkan untuk setiap bagian dari laptop Seperti dukungan HP yang dapat dipilih, Dell memiliki komunitasnya di mana terdapat para profesional yang dapat membantu Anda saat menelepon atau mengirim pesan.

Kesimpulan

Selalu disarankan untuk memperbaiki laptop Anda tepat waktu sehingga kesalahan sementara ini dapat diperbaiki. Baik itu laptop, DELL, HP, LENOVO, atau apa pun untuk masalah kecil apa pun, Anda dapat dengan mudah mengambil bantuan dari video YouTube.

Ini akan menghemat waktu Anda dan Anda dapat memperbaiki laptop Anda sendiri, hanya jika Anda bisa melakukannya.Jika tidak, selalu lebih baik untuk mengambil bantuan profesional.

Banyak pusat bantuan yang menangani perbaikan komputer / laptop. Selalu cari perusahaan terkenal yang memberikan garansi dan jaminan untuk laptop Anda.