6 Cara Perbaikan | Perangkat USB Tidak Berfungsi dan Not Recognized

Berikut adalah solusi untuk masalah perangkat USB yang tidak berfungsi dan tidak dikenali. Jika Anda mengalami kesalahan perangkat USB ini, jangan khawatir. Gunakan metode di bawah ini untuk membuat USB Anda dapat dikenali dan digunakan kembali.

“Perangkat USB tidak dikenali” adalah kesalahan yang biasanya terjadi pada komputer Windows saat Anda mencolokkan perangkat USB. Saat Windows menghasilkan kesalahan seperti itu,

Dalam situasi yang berbeda, kesalahan diikuti oleh berbagai pesan: di komputer Anda, dan Anda tidak dapat mengakses data Anda.

“Perangkat USB terakhir yang Anda sambungkan ke komputer ini tidak berfungsi, dan Windows tidak mengenalinya.”

“Salah satu perangkat USB yang terpasang ke komputer ini tidak berfungsi, dan Windows tidak mengenalinya. Untuk bantuan dalam memecahkan masalah ini, klik pesan ini.”

Cara Memperbaiki Perangkat USB Not Recognized di Windows

Jika perangkat Anda tidak dikenali di komputer Anda, coba enam solusi di bawah ini untuk membuatnya muncul kembali. Kami sangat menyarankan Anda mengikuti metode di bawah ini secara berurutan. Karena ada banyak alasan yang menyebabkan Windows gagal mengenali kesalahan perangkat USB , setiap metode adalah untuk skenario tertentu.

1. Copot Batrei Laptop Anda

Ini terdengar seperti hal yang mudah untuk dilakukan tetapi berhasil! Untuk sebagian besar perangkat USB yang tidak dikenal, biasanya tidak ada yang salah. Restart komputer sederhana dapat menyelesaikan masalah. Metode ini me-reboot motherboard, yang memiliki semua perangkat keras komputer yang terhubung ke Mem-boot ulang motherboard biasanya membantu mengatasi catu daya sementara yang tidak mencukupi untuk perangkat luar.

Langkah 1. Potong daya komputer Anda pada sumbernya, yaitu mencabut komputer Anda dari stopkontak.

Langkah 2. Biarkan komputer dicabut selama beberapa menit, lalu colokkan kembali ke stopkontak.

Langkah 3. Periksa apakah komputer mendeteksi perangkat USB dan memberinya huruf drive.

Jika perbaikan ini tidak berhasil, jangan panik Ikuti perbaikan lainnya di bawah ini.

2. Ubah Port USB

Apakah port USB komputer Anda tidak berfungsi dengan baik? Periksa port USB yang tersedia satu per satu dan lihat apakah itu masalah perangkat keras komputer atau masalah perangkat itu sendiri. Jika mengganti ke port lain menyelesaikan masalah, berarti ada yang salah dengan port sebelumnya. Anda dapat menyerah pada port yang rusak itu, atau mengirim komputer Anda untuk diperbaiki.

3. Copot Driver Perangkat USB untuk Membuat USB Dapat Dikenali

Jika driver USB tidak stabil atau rusak, metode ini akan menghapus driver tersebut. Ketahuilah bahwa menghapus driver dapat menyebabkan semua port USB menjadi tidak berfungsi.

Langkah 1. Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager.

Langkah 2. Temukan dan perluas pengontrol Universal Serial Bus, klik kanan pada salah satu driver USB, dan klik Uninstall. Lakukan ini untuk semua driver USB satu per satu.

Langkah 3. Restart PC Anda Driver USB akan secara otomatis menginstal ulang dan menyelesaikan masalah perangkat USB yang rusak.

hapus instalan hub usb di pengelola perangkat

 4. Perbarui / Kembalikan Driver Perangkat

Banyak video YouTube dan forum TI menyarankan penggunaan Pengelola Perangkat untuk memecahkan masalah perangkat USB yang tidak dapat dikenali. Coba metode ini dan lihat apakah metode ini berhasil untuk Anda.

Langkah 1. Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager.

Langkah 2. Buka “Universal Serial Bus Controllers” dan Anda akan melihat item yang disebut “Generic USB Hub” Klik kanan pada Generic USB Hub pertama dan pilih “Properties”.

Langkah 3. Arahkan ke tab “Driver” dan pilih “Update Driver”.

 4. Ketika ditanya bagaimana Anda ingin mencari software driver, ada dua pilihan.

1. Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui

Cara ini menggunakan pembaruan otomatis oleh Windows. Setelah selesai, Anda hanya perlu mencabut perangkat USB, menyalakan ulang komputer, dan menyambungkan kembali perangkat USB. Windows akan menginstal driver terbaru untuk Anda.

2. Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver

Ketika Anda memilih opsi ini, Anda harus melanjutkan dengan pop-up “biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya.”

Dari daftar, pilih hub USB Generik, yang biasanya merupakan satu-satunya pilihan.Klik “Berikutnya” dan kemudian Windows akan menginstal driver untuk Anda.

Di jalur yang sama dengan memperbarui driver, putar kembali ke driver sebelumnya ketika kesalahan tidak terjadi.Alih-alih memilih “Perbarui Driver” di tab “Driver”, pilih “Roll Back Driver” kali ini.

Perubahan yang dilakukan pada daya komputer dan driver perangkat akan diterapkan, dan perangkat USB Anda tidak akan lagi melaporkan masalah. Jika tidak, coba tiga metode lainnya satu per satu.

 5. Ubah Pengaturan Penangguhan Selektif USB

Kemungkinan alasan lain kegagalan fungsi USB Anda adalah karena driver hub menangguhkan USB secara otomatis. Dalam hal ini, mengubah pengaturan penangguhan selektif USB dapat membantu.

Langkah 1. Klik kanan pada ikon Windows dan klik Opsi Daya.

Langkah 2. Di jendela Choose or customize a power plan, klik Change plan setting.

Langkah 3. Di jendela Edit Plan Settings, klik Change advanced power settings.

Langkah 4. Di Power Op

jendela pernyataan, temukan dan perluas pengaturan USB, perluas pengaturan penangguhan selektif USB, dan Nonaktifkan pengaturan baterai dan Dicolokkan.

Langkah 5. Klik Apply dan kemudian OK untuk menyimpan pengaturan.

6. Perbaiki Hub Root USB

Hub root USB adalah driver perangkat lunak yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa periferal USB ke komputer Anda. Sebagian besar komputer memiliki beberapa hub root sehingga Anda dapat berbagi bus data di beberapa perangkat. Jadi, jika komputer tidak dapat mengenali drive USB Anda, coba perbaiki hub akar USB.

Langkah 1. Buka Pengelola Perangkat, temukan opsi pengontrol Universal Serial Bus dan klik sekali untuk memperluasnya.

Langkah 2. Temukan opsi USB Root Hub dalam kategori ini, klik kanan, dan pilih Properties.

Langkah 3. Buka tab Power Management dan hapus centang pada opsi “Allow the computer to turn off this device to save power”. Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan Anda.